Saturday, October 17, 2015

Fitur Baru Google Play Developer Console Android

Pada perhelatan tahunan Google pada bulan Mei tahun lalu yang lebih dikenal dengan Google I/O, bahwa pihak google play developer console akan menghadirkan tool baru yang powerful untuk membantu developer android agar bisnis mereka semakin berkembang dan membuat keputusan yang tepat melalui wawasan mendalam tentang aplikasi mereka lewat tool baru tersebut.

Pada tanggal 14/10/2015 blog resmi developer console google play mengumumkan bahwa fitur baru google play developer console yang powerful tersebut sudah bisa dinikmati oleh developer Android dengan mengakses developer console mereka. Apa saja fitur baru google play developer console Android ?

Kampanye lewat google adwords
Hanya dengan beberapa langkah mudah, developer android dapat mengontrol kampanye iklan adword dari google play developer console lalu mempromosikan aplikasi di google play. Setelah developer android mengatur iklan mereka dalam 'universal app campaign', maka google akan mempromosikan aplikasi developer android di Google Play, mesin pencari google, YouTube, dan di Google Display Network. 

Dengan begitu pengembang aplikasi android dapat fokus pada penambahan dan pengembangan aplikasi android dan aplikasi pengembang pun akan semakin mudah ditemukan dan diinstall di hp android.

Kampanye iklan aplikasi android tersebut akan berupa gambar, video, dan deskripsi aplikasi pengembang android yang diambil dari deskripsi google play pengembang untuk menghasilkan format iklan yang menarik dan bisa tampil dimana saja.

Melalui 'universal app campaign' sistem iklan google adwords otomatis akan mengoptimalkan promosi dan menggunakan berbagai macam metode untuk memaksimalkan aplikasi untuk diinstall pengguna android dengan target biaya per install aplikasi android.

Untuk mulai menggunakan layanan promosi aplikasi android, pilih tab 'user acquisition' untuk aplikasi android kalian, lalu pilih 'Adwords Campaigns'.


Mengukur kinerja iklan Google Adwords
Ketika mengiklankan aplikasi lewat google adwords, tentu pengembang aplikasi android berharap mereka bisa mengetahui siapa saja yang menginstall aplikasi android mereka termasuk dari daerah mana mereka berasal.

Tampilan laporan kinerja baru pada tab 'user acquisition' di google play developer console memungkinkan pemilik aplikasi untuk mengetahui bagaimana pengguna android menemukan aplikasi android mereka, berapa banyak aplikasi diinstall di hp android dan bagaimana mereka melakukan pembelian fitur tambahan.

Laporan kinerja juga melacak link pemasangan link dengan menggunakan UTM tags, sehingga pengiklan aplikasi android lewat google adwords mendapatkan laporan secara detil dan rinci dari promosi yang mereka lakukan.

Pergunakan fitur baru google play developer console android tersebut dengan bijak, sehingga promosi aplikasi android lewat google adwords membuat aplikasi android semakin banyak diinstall oleh pengguna android dan menghasilkan keuntungan dari promosi yang telah dilakukan. Jangan sampai besar pasak dari pada tiang.

Sumber : Android Developer Blog

No comments:

Post a Comment