Sunday, November 8, 2015

Nama Malware Jenis Baru Android Yang Baru2 Ini Diketemukan

Ikon Google Android
Laporan terbaru nama malware jenis baru android yang baru2 ini diketemukan yang lebih berbahaya dari jenis malware sebelumnya kembali menghantui pengguna Android, khususnya bagi pengguna android yang menginstall aplikasi android dari layanan aplikasi pihak ketiga. Software trojan android akan menginfeksi gadget android yang telah disusupinya dan menjadikannya seakan-akan aplikasi dari developer resmi aplikasi android.

Malware software android sebelumnya menggunakan cara memata-matai pengguna smartphone android atau mengambil foto pribadi pemilik android untuk minta tebusa. Tipe malware trojan android terbaru menggunakan teknik penyamaran seakan-akan aplikasi resmi dari aplikasi-aplikasi populer saat ini.

Malware android "adware Trojanized" telah menginfeksi lebih dari 20.000 aplikasi dan mengubah dirinya menjadi aplikasi resmi populer saat ini seperti
Facebook dan Twitter. Beberapa laporan keamanan mengungkapkan hampir tidak mungkin mengembalikan smartphone android yang telah terinfeksi trojan ini ke keadaan semula. Solusinya membeli smartphone android baru.

Keberadaan malware trojan android ini dilaporkan oleh perusahaan keamanan Lookout pada Rabu 04 November 2015 lalu. Peneliti menemukan 3 bit dari malware trojan android tersebut dengan nama Shedun, ShiftyBug, dan Shuanet yang ketiga-tiganya menggunakan kode dan menggunakan metode yang mirip dalam menginfeksi smartphone android.

Sebagian besar malware trojan tersebut telah berada di toko aplikasi android pihak ketiga. Setelah berada di layanan aplikasi pihak ketiga, mereka lalu mengkonversi dirinya menjadi aplikasi versi asli dari aplikasi-aplikasi populer android. Aplikasi yang berhasil mereka ubah diantaranya Candy Crush, Facebook, Google Now, NYTimes, Snapchat, dan WhatsApp menurut Yahoo.

Ini merupakan aplikasi berbahaya jenis baru yang membuat ancaman besar, karena mereka menghasilkan sedikit aktifitas dengan tujuan untuk menggunakan dan memanfaatkan system-level pada android untuk mendatangkan malware yang lain, adware program untuk menginfeksi perangkat android, menciptakan ancamana keamanan terhadap aktifitas selancar dunia maya menurut mashable.

Lookout melaporkan dalam postingan blog bahwa mungkin setelah sistem operasi android terinfeksi malware tersebut hampir tidak mungkin untuk menghilangkannya dari gadget android selain membeli smartphone android baru.

Solusi penyembuhan smartphone yang terinfeksi malware ini adalah dengan refresh ROM chip, namun teknik ini tidak mudah dilakukan. Pilihan yang lain meminta jasa keamanan professional. Adapun tindakan prefentif terbaik untuk menghindari malware android adalah dengan hanya menginstall aplikasi android dari aplikasi google play store.

Malware trojan terbaru android ini telah menginfeksi ke berbagai negara belahan dunia termasuk amerika serikat, Meksiko, Brasil, Jerman, Rusia, Iran, India, dan Indonesia. Masih tertarik untuk menginstall aplikasi sembarangan ?

Sumber : http://en.yibada.com/articles/82763/20151108/android-trojan-software-morphs-real-apps-nearly-impossible-remove-device.htm

No comments:

Post a Comment