Thursday, February 25, 2016

Aplikasi Pendeteksi Gempa Untuk Android

Gambar : MyShake
Kemajuan teknologi turut membantu untuk membuat aplikasi deteksi gempa Android, sehingga ketika getaran gempa telah ada maka hp android akan memberikan deteksi kepada penggunanya sehingga dapat menyelamatkan diri dari kejadian gempa bumi.

Info aplikasi android juga pernah posting tentang aplikasi pendeteksi gempa untuk android yang dibuat oleh BMKG pada info gempa dan cuaca BMKG. Pada kesempatan ini akan berbagi aplikasi deteksi gempa yang dibuat oleh UC Barkeley Seismological Laboratory. Apa nama aplikasi deteksi gempa android dari UC Barkeley tersebut ?

Namanya adalah MyShake. Ya MyShake adalah nama aplikasi gratis untuk ponsel android yang memiliki kemampuan untuk mengenali getaran gempa melalui sensor yang ada di setiap smartphone.

Aplikasi MyShake berjalan secara diam artinya kita tidak harus mengaktifkan pada layar dan pada background android seperti aplikasi pelacakan untuk Android.

Ketika goncangan sesuai dengan getaran gempa, aplikasi MyShake akan mengirim informasi anonim yang mengabarkan lokasi pusat gempa dan besarnya gempa bumi.

Tujuan pembuatan aplikasi MyShake tersebut adalah untuk membuat jaringan seismik di seluruh belahan dunia dan menggunakan data seismik tersebut untuk mengurangi efek negatif dari gempa bagi individu dan masyarakat.

Selain memberikan informasi deteksi gempa di android, Aplikasi MyShake juga menyediakan informasi bermanfaat bagi penggunanya seputar gempa bumi seperti informasi daerah yang baru saja mengalami gempa bumi/earthquake dan sejarah gempa bumi.

Aplikasi MyShake berjalan mulai Android 4.1 / Android KitKat keatas dengan ukuran  12 Mb dan telah didownload lebih dari 100.000 dan dikembangkan oleh UC Berkeley Seismological Laboratory dan dimasukkan dalam aplikasi pendidikan.

Ingin cara menginstall aplikasi pendeteksi gempa untuk Android MyShake ? Silahkan download MyShake untuk android melalui link MyShake Play Store berikut :

https://play.google.com/store/apps/details?id=edu.berkeley.bsl.myshake

No comments:

Post a Comment