Tuesday, May 10, 2016

Jadwal Rilis Android N

Sebelum berbicara tentang jadwal rilis android 7 / android sudahkah sobat tahu nama versi terbaru Android ? Versi terbaru android yang masih dalam tahap developer preview saat ini adalah Android N. Lalau apa itu Android N ? apa perbedaan android n dibandingkan dengan versi android sebelumnya ?

Android N adalah generasi android 7 yang saat ini masih dalam testing bagi developer-developer android. Siapa developer android itu ? Developer android adalah pemilik/ pengelola aplikasi untuk android dan seluruh stakeholder android yang akan meningkatkan manfaat dari sistem operasi android tersebut.

Apabila sobat termasuk salah satu pembuat/ pengelola aplikasi android wajib untuk download android n developer preview untuk menyesuaikan dan mengupdate aplikasi sehingga bisa berjalan pada sistem operasi android n. Lalu kapan jadwal rilis resmi android n ?

Rilis alpha android 7 tanggal 09/03/2016 yang lalu itu artinya sejak mulai diluncurkan ke publik, Android N telah berumur 2 Bulan. Rencana akan ada 5 tingkatan preview android n sebelum jadwal resminya nanti.

Berikut jadwal rilis android n developer preview tersebut :
  1. Preview 1 (rilis awal/alpha android n)
  2. Preview 2 (incremental update, beta)
  3. Preview 3 (update inkremental, beta)
  4. Preview 4 (final APIs dan SDK resmi android N
  5. Preview 5 (system image sebelum rilis resmi android 7
  6. Rilis resmi android N untuk publik.
Setiap update android 7 developer preview termasuk didalamnya update SDK tools, preview image system, emulator, referensi dokumen, dan API. Pada rilis preview android n 1-3 akan memberikan ekosistem pengujian dan pengujian awal android N yang akan membantu pengembang android N mengidentifikasi masalah kompatibilitas pada aplikasi android yang saat ini telah dirilis ke publik.

Pada preview android N 1-3, developer android juga bisa membuat rencara migrasi ke versi android terbaru, menambah fitur dari aplikasi yang ada pada platform android 7 tersebut.

Pada versi android n preview 4-5, para pengembang aplikasi android memiliki akses ke library android n dan SDK untuk dikembangkan, serta image system, dan fitur-fitur android n. Pada android 7 preview tersebut sobat juga dapat menguji kompatibilitas akhir dari aplikasi yang berjalan pada versi sebelumnya dan memperbaiki dan menyesuaikan kode baru menggunakan library API N.

Mulai android n preview 4 sobat dapat mempublikasikan aplikasi ke smartphone android n yang sudah ada, seperti perangkat konsumen konsumen yang ikut program android beta program testing. Sobat juga dapat mempublikasikannya ke google play alpha dan beta channel sementara waktu.

Selama proses testing dan pengembangan aplikasi ke android N dianjurkan untuk terus mengupdate preview update android N yang dirilis. Untuk membuat proses rilis yang mudah, sobat dapat mengikuti program test device dalam program android beta dan mendapatkan update over the air (OTA) di setiap rilisnya.

Apa saja yang ada dalam android n developer preview ? Android 7 developer preview meliputi segala yang dibutuhkan untuk menguji aplikasi android yang ada pada berbagai ukuran layar, jaringan teknologi, chipset CPU/GPU, dan hardware.
  • SDK Tool android N 
  • Hardware system image 
  • Update over the air (OTA) melalui android beta program 
  • Dokumentasi dan contoh kode 
  • Download API Reference 
  • Dukungan support 
  • Penargetan, preview APIs, dan publikasi
Sobat dapat mendownload komponen android n tool melalui SDK manager Android Studio yang berisi Tools SDK Android n developer preview, sistem emulator untuk 32-bit dan 64-bit, emulator android TV 32-BIT, dan support libraries.

Rilis final android N dijadwalkan pada Q3 2016 sobat, jadi antara bulan juli-september 2016. Kalau versi sebelumnya android m (Android 6.0) setelah rilis resmi namanya android marshmallow, kira-kira nama resmi android N nanti apa ya ?


Sumber :
Android

No comments:

Post a Comment